Got My Cursor @ 123Cursors.com

Sabtu, 31 Desember 2011

Apa itu Kista Di Rahim Wanita?

Berasal dari keingin tahuan saya akan kista,,saya mengobok obok info tentang kista ini,,maklum,,saya takut kalo kalo ada kista di organ reproduksi,,sempat saya memeriksakan diri ke bidan,,dan alhamdulillah,,ga ada kista ..semua normal, ,



Bunda,,yuk kita mengenal apa itu kista ?

Kista termasuk tumor jinak yang terbungkus oleh selaput semacam jaringan. Bentuknya kistik dan ada yang bentuknya seperti anggur. Kista dapat berisi udara,,cairan kental atau nanah.
   Kumpulan sel sel tumor itu terpisah dengan jaringan normal disekitarnya dan tidak dapat menyebar ke bagian tubuh lainnya,,itu alasan mengapa tumor jinak relatif mudah diangkat melalui pembedahan dan tidak terlalu membahayakan kesehatan bagi penderitanya. .

Berdasarkan tingkat keganasannya,,kista terbagi 2 macam :
1 . Kista non-neoplastik
  Kista ini bersifat jinak dan biasanya akan mengempis dengan sendirinya selama 2 atau 3 bulan..
2 . Kista neo-plastik
  Kista ini umumnya harus dioperasi,,namun tetap tergantung pada ukuran dan sifatnya,,apakah membahayakan atau tidak.

Selain pada ovarium,,kista dapat tumbuh di vagina dan daerah vulva (bagian luar kelamin wanita). Kista yang tumbuh di daerah vagina,,antara lain inklusi,,ductus gartner,,endometriosis dan adenosis. Sedangkan kista yang tumbuh di daerah vulva,,antara lain pada kelenjar bartholini,,kelenjar sebasea,,serta sinklusi epidermal.
         Kista umumnya tidak disertai keluhan atau gejala spesifik. Keluhan biasanya akan muncul jika ukuran kista sudah membesar dan letaknya mengganggu organ lain disekitarnya,,jika si penderita menekan saluran kemih,,usus,,saraf atau pembuluh darah besar disekitar rongga panggul,,maka akan menimbulkan keluhan berupa susa BAK dan BAB,,gangguan pencernaan,,kesemutan atau bengkak pada kaki .
     Jadi,,kalau sis merasakan gejala diatas,,sebaiknya diperiksakan,,jangan didiemin aja,,n jangan malas ngurus diri sendiri,,^_^

Kista memang tumor yang jinak,,namun 20-30% kista dapat berpotensi menjadi ganas .
Keadaan itu ditandai dengan terjadinya pembesaran tumor dalam waktu singkat,,sehingga memicu tumbuhnya kanker.
         Pasalnya sampai sekarang,,belum diketahui secara pasti faktor faktor penyebab tumbuhnya kista dalam tubuh seorang wanita,,dan cara pencegahannya pun belum terungkap dengan jelas,,Ada penelitian yang menjelaskan bahwa penyebab terbentuknya kista dalam ovarium adalah gagalnya sel telur untuk berovulasi. Dalam siklus reproduksi,,satu sel telur dalam ovarium wanita setip bulannya akan mengalami ovulasi ,,yaitu keluarnya inti sel telur dari folikel,,untuk kemudian ditangkap serabut fimbria dan ditempatkan di saluran ovarium,,dan siap dibuahi jika bertemu sperma.
      Folikel yang sudah kehilangan inti sel telur itu disebut Corpus Luteum,,yang secara normal akan mengalami degenerasi dan hilang diserap tubuh. Namun ada kalanya proses keluarnya inti sel telur dari dalam folikel gagal terjadi. Sel telur yang gagal berovulasi tersebut,,lama kelamaan akan berubah menjadi kista. Selain itu dapat pula terjadi kegagalan penyerapan Corpus Liteum oleh tubuh. Keadaan itu dapat pula berpotensi menyebabkan kista.
       Selain disebabkan oleh kelainan tubuh,,kista ovarium dapat juga tumbuh begitu saja. Kista semacam itu terdiri atas selaput yang berisi darah kental dan sering disebut sebagai endometriosis. Seiring dengan berjalannya waktu,,kista akan terus mengalami pembesaran dalam jangka waktu tertentu,,kista terus tumbuh hingga diameternya mencapai puluhan cm. Sebenarnya tidak ada patokan mengenai besarnya ukuran kista

,,sehingga berpotensi untuk pecah. Pecahnya kista dapat menyebabkan pembuluh darah menjadi rusak dan menimbulkan terjadinya pendarahan yang menyebabkan akibat yang fatal.
    














0 komentar:

Posting Komentar

Setelah mambaca artikel diatas,,mohon komentar dengan komentar yang baik dan sopan. Terima Kasih udah mau mampir ke blog q yang sederhana ini ^-^